Skip to main content

Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah

Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah - Hi friends, I hope you are all in good healthGuru Online, In the article you are reading this time with the title Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah, We have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the contents of the post Artikel Pendidikan, Artikel Supervisi, Artikel UMUM, what we write you can understand. ok, happy reading.

Title : Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah
link : Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah

Baca juga


Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah

            Beberapa waktu lalu saya dihubungi seorang teman melalui pesan whatsapp. Ia seorang kepala sekolah di salah satu Sekolah Dasar yang berada di daerah pelosok (menurut dia) di Jawa Tengah. Ia mengapresiasi tulisan saya tentang trik agar siswa kerasan belajar di kelas daring dan ijin mengadopsinya untuk diterapkan di sekolahnya.


            Akhirnya kami mengobrol lewat percakapan telepon, berdiskusi lebih jauh. Ia menyampaikan permasalahan bagaimana melaksanakan supervisi pembelajaran di saat pandemi seperti saat ini, yang notabene pembelajaran dilaksanakan secara daring.


            Pada pembelajaran tatap muka, supervisi pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas. Kepala Sekolah bisa langsung mengamati bagaimana guru mengelola pembelajarannya di kelas. Kepala Sekolah bisa menyaksikan bagaimana guru mengawali pelajaran, melaksanakan kegiatan inti, dan menutup pelajaran. Juga bagaimana cara guru berinterkasi dengan siswa maupun cara dia memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar.


  1. Jika guru menggunakan media grup whatsapp kelas, Kepala Sekolah masuk menjadi anggota grup tersebut untuk melaksanakan supervisi.
  2. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi video conference seperti zoom, google meet, dan lain-lain, Kepala Sekolah dapat bergabung untuk melaksanakan supervisi.

            Mungkin untuk pembelajaran yang menggunakan vicon, pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah hampir sama dengan supervisi pada saat pembelajaran tatap muka. Kepala Sekolah bisa melihat bagaimana guru berekspresi menyampaikan pembelajarannya melalui fasilitas video yang ada. Begitu pula bagaimana situasi kelas itu berlangsung dan wajah-wajah para siswa, dapat disaksikan oleh Kepala Sekolah.


Namun, penggunaan vicon tersebut memiliki beberapa kendala yaitu:


  1. Jaringan internet yang tidak mendukung akan menyebabkan gangguan pada saat pembelajaran. Misalnya ada yang terlempar/keluar secara tiba-tiba, tampilan video yang tidak tertangkap dengan baik, begitu pula kadang suara menjadi timbul tenggelam.
  2. Berbiaya mahal karena memerlukan kuota internet yang lebih banyak.


            Menurut saya, jika vicon tidak memungkinkan dilaksankan, penggunaan whatsapp, telegram, atau aplikasi sejenis lainnya menjadi alternatif yang bisa dipilih oleh guru dan Kepala sekolah untuk kebutuhan supervisi. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut lebih ramah di kantong karena tidak banyak menghabiskan kuota ineternet atapun paket data karena ada yang gratis. Orangtua siswa juga akan senang karena tidak akan memberatkan.


            Pada saat pembelajaran menggunakan whatsapp atau telegram, guru bisa mengirim pesan baik pesan teks, suara, gambar, WPS, ataupun video. Demikian pula sebaliknya, dengan siswa juga bisa mengirimkan hal yang sama. Guru juga bisa mengelola pembelajarannya secara lengkap dengan menggunakan whatsapp atau telegram.


            Interaksi guru dan siswa bisa dilaksanakan melalui pesan suara maupun pesan teks. Begitu pula ketika guru melaksanakan penilain, baik sikap, pengetahuan ataupun keterampilan juga bisa dilakukan dengan menggunakan whatsapp ataupun telegram.


            Dengan berada di grup kelas selama pembelajaran daring berlangsung, Kepala Sekolah dapat mengetahui apa saja yang dilakukan guru di kelasnya. Bagaimana guru mengisi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, maupun ketika mengakhiri pembelajaran. Bagaimana cara guru mengaktifkan kelas, memotivasi siswa, merespon dan lain-lain. Begitu pula bagaimana cara ia memanfaatkan media maupun sumber pembelajaran. Semuanya bisa diamati oleh Kepala Sekolah. Dengan demikian ia bisa melaksanakan supervisinya.


            Adapun tahapan pelaksanaan supervisi sama seperti pada supervisi tatap muka. Dimulai dari pengarahan, kesepakatan jadwal, pemeriksaan administrasi pembelajaran, pelaksanaan supervisi di kelas (daring), dan evaluasi serta tindak lanjut. Instrumen supervisi yang digunakan juga bisa menggunakan instrumen supervisi tatap muka yang biasa digunakan atau memodifikasinya sesuai kebutuhan.

ilustrasi


            Alhamdulillah. Beberapa hari kemudian teman saya mengabarkan kalau ia sudah melaksanakan supervisi daring. Ternyata respon siswa cukup bagus. Mereka menjadi aktif, begitu pula kehadiran mereka. Tentu hal ini menggembirakan bagi teman saya sampai ia menuliskan ‘meski mendung di langit, tapi terang di hati ini’.


            Tak hanya itu saja. Teman saya juga mengatakan kalau supervisi daring itu asik. Bahkan Ia bisa mengidentifikasi beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah.

sumber:Rifulhamidah

Demikian, semoga bermanfaat. Aamiin..



That's the article Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah

That's it for the article Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah this time, hopefully can be useful for all of you. okay, see you in another article post.

You are now reading the article Contoh Supervisi Daring oleh Kepala sekolah with link address https://ilmuguruonline.blogspot.com/2021/03/contoh-supervisi-daring-oleh-kepala.html
Comment Policy: Please write your comments that match the topic of this page post. Comments containing links will not be displayed until they are approved.
Open Comments
Close Comment