kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
Written on: Senin, Februari 22, 2021
Title : kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
link : kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
materi ini materi pembelajaran 3
silaturahmi keluarga
Ayo mengamati anak-anak Amatilah gambar kegiatan Siti berikut tampak pada gambar Siti beserta keluarga besarnya sedang berkumpul Mereka tampak bercakap-cakap dengan gembira
“di rumah Siti sedang diadakan acara silaturahmi keluarga
silaturahmi keluarga diadakan setiap bulan
suasana silaturahmi menandakan kebersamaan dalam keluarga
semua hidup rukun
Siti membantu ibu menyiapkan kue ibu membuat kue puding
Ibu mencetak kue dengan ukuran kecil
ada yang diberi warna coklat
ada yang berwarna putih
ada yang diberi warna hijau
ada yang diberi warna merah
semua menggunakan pewarna alami
anak-anak bermain sambil menikmati kue puding
mereka bergembira mendengarkan cerita teman”
Ayo berlatih
anak-anak Ayo cari tahu warna kesukaan Siti dan teman-temannya
siti suka warna hijau disini tanpa Siti memegang puding berwarna hijau kali suka warna coklat tanpa di sini Ali sedang memegang puding berwarna coklat
lengkapi lah tabel berikut
Berdasarkan warna kesukaan teman sekelas baik di sini Bu memberi contoh saja anak-anak nanti anak-anak harus mengisi tabel sesuai dengan teman sekelas
mulai dari warna kesukaan disini warna hijau anak-anak siswa ada Aldo tari dan Ali banyak siswa ada tiga satu dua tiga
sekarang warna coklat nama siswa yang menyukai warna coklat ada cinta Tiara Prima Agung dan Doni adalah 5 siswa selanjutnya warna merah yang menyukai ada Ilham Fani dan itu ada 3 siswa ibu lanjutkan selanjutnya warna kesukaan putih
nama siswa ada Beni Doni dan Akbar banyak siswa ada 3 selanjutnya warna ungu disini anak-anak nama siswa ada Santi dan Bagas banyak siswa ada 2 sekarang warna merah muda nama siswa ada di Nathania nopen dan Rena banyak siswa ada 4 lanjut
kita isi tabel hasil pengamatan anak-anak kita masukkan data di atas ke dalam tabel disini
hasil pengamatan |
warna kesukaan hijau Banyak siswa 3 warna kesukaan coklat yang kedua banyak siswa 5 yang ketiga warna kesukaan merah banyak siswa 3 yang ke-4
warna kesukaan putih banyak siswa 3 yang kelima warna kesukaan Ungu banyak siswa 2 dan yang ke-6 warna kesukaan merah muda banyak siswa pertanyaan-pertanyaan berikut mulai dari soal nomor 1 Warna apakah yang paling banyak disukai siswa di kelasmu sesuai data diatas
jawaban |
1. warna yang paling banyak disukai di kelasmu
Ceritakan kembali dongeng fabel kecerdikan menumbuhkan kebaikan secara bergantian di depan kelas
Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan diceritakan secara turun temurun
dongeng yang tokohnya binatang disebut fabel dalam fabel tokoh binatang seolah-olah bisa berbicara dan bertingkah laku seperti manusia
kecerdikan menu bukan kebaikan
tokohnya adalah ular dan tikus di sebuah gurun pasir hiduplah ular dan tikus pasir sebenarnya dan ular sangat ingin memangsa tikus sedangkan tikus berusaha mencari akal
agar ular tidak lagi berniat memangsanya saat itu sang ular tanggal 8 padahal Ia sedang tidak mempunyai sedikit makanan sedangkan tikus yang berada tidak jauh dari sang ular sedang asyik melahap makanannya sang ular Merasa tidak senang melihat kelakuan tikus
ular: dengarkan ucapanku wahai tikus yang angkuh aku pasti akan mendapatkan tubuhmu yang mudah dan lezat itu
tikus menjawab: ular berusaha dan bekerja lah jangan hanya berani mengancam kalau hanya mengancam seekor semut pun bisa
sang ular sangat marah mendengar ejekan tikus Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut yang lapar Sedangkan tikus masih Lahab dengan makanannya waktu terus berjalan tetapi ular tidak juga menemukan makanan Ia juga enggan untuk keluar dari sarangnya sementara itu tikus sudah lelap dalam sarangnya ular yang masih dalam keadaan lapar segera mengendap-endap mendekati sarang tikus seperti ia masih kesal terhadap tikus dan kini ular telah tiba berada di sisi tikus yang sedang tidur pulas
ular berkata Hai: tikus aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantap tikus segera terbangun dari tidurnya sambil berpura-pura menguap ia mulai memutar otak agar bisa lolos dari cengkraman sang ular
tikus berkata: Tunggu dulu lah sahabatku Kalau kau ingin memakan Ku Harus berpikir dulu kita hanya berdua disini tidak ada hewan lain Jika kau memakan ku maka kau akan sendiri kau tidak akan mempunyai teman yang dapat kalau ada mencari makan Kalau begitu Kau tidak akan makan dan akhirnya kau akan mati
sejenak terdiam ia mencoba merenungkan nasihat tikus
kembali berkata jadi
ular: kita tidak bisa hidup sendiri
bukankah kita bisa berteman dan tentunya kita dapat mencari makan bersama Bukankah itu lebih menyenangkan daripada nantinya setelah kau memakanku hanya akan hidup sendiri ular mengangguk tanda mengerti ular berkata Baiklah kalau begitu Maafkan aku tikus pun memaafkan ular mereka tersenyum bahagia kemudian beranjak mencari makanan bersama-sama
ini ciptaan Nuraini solihati tahun 2007
Ayo berlatih
jawaban |
jawaban |
siti memotong kue menjadi 3 bagian sama besar
tanpa di sini satu puding dipotong menjadi 3 bagian sama besar 1 bagian ini anak-anak 1 bagian utuh ini disebut dengan 1 per 3 pecahan 1/3 tiap bagian ini disebut dengan pecahan 1/3 karena membaginya ini sama besar anak-anak ketiganya sama besar puding dipotong menjadi 3 bagian sama besar
1 potongan dapat dinyatakan dengan sepertiga jenis cara penulisannya 1 per 3 sepertiga atau 1/3 penulisan pertiga seharusnya seperti ini selanjutnya 3 atau dengan 3 dilepas anak-anak penulisannya terdapat 3 potongan sama besar masing-masing potongan = 1/3 bagian ada potongan 1/3 sebanyak 3 buah di sini 1/3 1/3 1/3 ayo berdiskusi anak-anak
Perhatikan gambar berikut
puding di samping dipotong menjadi 3 bagian apakah masing-masing potongan ini Seharusnya potongan satu per tiga bagian
jawaban |
gambar di sini ini 1 puding utuh dipotong menjadi 3 bagian sama besar Tuliskan hasil diskusimu dengan teman sebangku di sini
memberi contoh hasil diskusi anak-anak masing-masing potongan puding di atas disebut 1/3 bagian karena setiap bagian merupakan satu potongan dari 3 potongan yang sama besar 1 potongan ini sama besar anak-anak kelas satu bagian ini disebut 1/3 bagian melatih anak-anak
Lengkapilah pernyataan berikut dengan jawaban yang tepat soal nomor
1 Siti memotong kertas menjadi 3 bagian sama besar setiap bagian disebut titik-titik bagian
jawaban |
kanan yg di potong sama besar anak dari satu potong ini bisa disebut 1/3 bagian anak-anak 1/3 1/3 1/3 setiap bagian disebut satu per tiga bagian
jawaban |
soal no 2
sebuah kue dipotong menjadi 3 bagian setiap bagian sebesar 1 per 3 masing-masing potongan harus harus sama besar kalau tidak sama besar tidak bisa disebut 1/3 anak-anak harus di sini sama lanjut ke soal
soal no 3
Siti ingin membagi sebuah kue masing-masing bagian sebesar 1 per 3 maka kue tersebut dibagi menjadi titik-titik sama besar harus dibagi menjadi 123 kalau tiap bagiannya 1/3 dibagi menjadi 3 bagian sama
arsirlah sepertiga dari gambar
jawaban |
berikut kita diminta untuk mengarsir anak-anak kita boleh memilih salah satu di sini memilih yang pernah di sini untuk arsir yang bagian tengah mengarsir itu memberi garis-garis seperti ini anak-anak nanti bisa di gunakan penggaris biar lebih rapi dan warnanya boleh ganti-ganti anak-anak tidak harus biru seperti itu
gambar yang kedua misalkan itu aja di bagian atas boleh yang penting yang tidak arsir Harus satu bagian di kamar ketiga ini dibagi 3 sama besar 1 bagiannya di sini sepertiga bagian sini gambar keempat kita arsir arsir bagian tengah anak-anak 1 bagian
di sini ini sudah merupakan arsiran sepertiga dari gambar kelima Ibu arsir yang bagian sini anak-anak 1 bagian kita arsir ini sudah menunjukkan pecahan 1/3 selanjutnya gambar ke-6 kita arsip-arsip yang bagian bawah sendiri anak-anak nanti anak-anak boleh memilih Yang tengah boleh Yang atas sendiri juga boleh nanya ini sudah menunjukkan pecahan 1/3
materi Ayo berdiskusi
diskusikan dengan teman sebangkumu Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda sampaikan hasil diskusimu di depan kelas
jawaban |
contoh saja hasil diskusi sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda adalah tetap berteman dan saling menghormati karena kita hidup bersama dalam keberagaman lanjut ke materi Ayo berlatih anak-anak
jawablah pertanyaan berikut dengan memilih sikap yang benar dengan memberi tanda centang soal
ayo berlatih
jawablah pertanyaan berikut dengan memilih sikap yang benar dengan memberi tanda centang
jawaban |
jawaban |
soal no 1
Siti menyukai putih warna hijau jika Siti terhadap Dayu yang menyukai puding warna coklat adalah ada perbedaan kesukaan pada warna atau tapi mereka harus saling menghormati sikap Siti terhadap Dayu adalah hormati kita cerita anak-anak tidak boleh mengejek tidak boleh bertengkar yang
soal no 2
Siti dan Dayu menyukai puding yang berbeda maka mereka harus mereka harus tetap menghormati jawabannya adalah menghormati anak-anak
soal no 3
Siti memiliki kue Siti membagi kue tersebut menjadi 3 bagian sama besar kemudian titik membagi 1 per 3 bagian kepada Dayu dan 1 per 3 bagian diberikan kepada itu Siti menunjukkan sikap ini menunjukkan sikap adil anak-anak kita centang
soal no 4
Siti dan keluarganya selalu tolong menolong mereka tidak pernah bertengkar mereka saling menyayangi Siti dan keluarganya selalu jawabannya adalah hidup rukun kegiatan bersama orang tua
That's the article kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33
You are now reading the article kunci jawaban kelas 2 tema 7 kebersamaan pembelajaran 3 halaman 23- 33 with link address https://ilmuguruonline.blogspot.com/2021/02/kunci-jawaban-kelas-2-tema-7.html