Skip to main content

PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH - Hi friends, I hope you are all in good healthGuru Online, In the article you are reading this time with the title PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH, We have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the contents of the post Artikel jurnal, Artikel Pendidikan, Artikel publikasi ilmiah, Artikel UMUM, what we write you can understand. ok, happy reading.

Title : PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH
link : PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

Baca juga


PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

ilustrasi

 PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

Oleh Nur Ganto, S.Pd.


Abstrak


        Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah, Metode yang digunakan adalah metode tinjauan literatur ( library research Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahwa pembelajaran bahasa Inggris di sekolah sangat penting. Metode pembelajaran yang sering dipokal Comunicatio Language Teaching (AT) karena efektif sering dipakal dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Hal ini didasarkan dengan kemampuan berkomunikasi yang didapatkan oleh siswa bukan hanya sebatas kemampuan belaka, siswa akan termotivasi dan merasa bahwa sesuatu yang telah mereka pelajari akan berguna dan dipakai dalam berbahasa.


Kata kunci : metode, pembelajaran, bahasa Inggris


A PENDAHULUAN

1). Latar Belakang

            Bahasa Inggris adalah bahasa yang universal karena digunakan oleh sebagian besar negara sebagai bahan utama. Selain itu bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang penting untuk dikuasai dan dipelajari Beberapa negara terutama negara negara bekas koloni Inggris, menempatkan bahasa Inggris Sebagal bahasa kedua yang wajib dikuasai setelah bahasa asli negara mereka Meskipun di Indonesia bahasa Inggris adalah bahasa asing, namun menempati posisi yang penting dalam keseharian masyarakat kita. Hal ini terlihat jelas dalam dunia pendidikan di Indonesia. Bahasa inggris adalah salah satu pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik mulai dari tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi.

            Pemerintah Indonesia mulai memperkenalkan bahasa Inggris sedini mungkin bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui kurikulum Pendidikan Dasar 1994 Sejak diberlakukannyakurikulum tersebut, mata pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran muatan lokal yang diajarkan mulai kelas IV SD/MI SMP/MTs dan SMA atau SMK Walaupun dalam kurikulum 2013 yang sudah diimplementasikan di SD/MI di Indonesia. menyampingkan pelajaran bahasa Inggris. namun tidak berarti pelajaran bahasa inggns dilarang diajarkan di sekolah Sekolah tetap diperbolehkan memberikan pelajaran bahasa Inggris melalui program ekstrakurikuler. Dan untuk SMP/MTS merupakan pelajaran yang wajib bahkan merupakan mata pelajaran yang diujikan nasional dalam iklan kelas IX

            Teknik pembelajaran bahasa Inggris yang bervariasi tentunya dapat menarik minat belajar peserta didik. Hal ini merupakan tantangan bagi para guru bahasa inggris terutama untuk sekolah SMP/MT dan SMA/SMK Perlu inovasi yang terus berkembang dan para guru agar peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Penetrasi penggunaan bahasa ingan dengan baik dan benar di Indonesia Masih sangat endah yaitu ditaati delapan prosen

            Padahal bahasa Inggris membawa namaindonesia lebih dikenal di dunia Internasional karena potensi yang dimiliki di negeri ini dapat dikomunikasikan dengan baik menggunakan bahasa Internasional tersebut. Selain itu masih terdapat anggapan bahwa masyarakat Indonesia yang berbicara bahasa Inggris dinilai tidak nasionalis, padahal hal tersebut merupakan anggapan yang kurang benar Indonesia adalah negara berkembang, sehingga masih harus mengikuti dunia internasional yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional


2) Tujuan

            Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah.

3). Metode

            Metode yang digunakan adalah metode tinjauan literatur (library research)


B. URAIAN TEORITIS

1). Peranan bahasa Inggris 

        Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris adalah bahasa pergaulan internasional. Bahasa Inggris digunakan pada sidang-sidang resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa standar penerbangan Internasional Kemampuan kita pergi diseluruh belahan dunia ini, kita dihadapkan pada penggunaan bahasa inggris saat pertama kali menginjakan kaki di airport dari negara yang kita tuju Ini membuktikan bahwa bahasa Inggris sangat luas digunakan

            Oleh karena itu mempelajari dan menguasai bahasa Inggris adalah suatu kebutuhan atau keharusan Untuk di indonesia mempelajari bahasa Inggris masih merupakan sesuatu yang sangat susah bagi sebagian tiesar orang dan bahkan menakutkan bagi beberapa kalangan Beberapa tahun yang lalu, sebelum diperkenalkan di Sekolah Dasar, bahasa Inggris diajarkant mulai dari Dinokat SMP selama tahun, ditingkat SMA selama 3 tahun

            Melihat dari waktu belajar 5 enam tahun itu, b a n belum dapat bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, walaupun dalam uruktur yang paling sederhana sekalipun Bahkan tak terhitung jumlahnya yang pada akhirnya tidak tahu sedikitpun tentang Inggris. Padahal jika ditanya kepada anak anak Indonesia apa cita cita mereka kebanyakan menjawab ingin jadi pilet dokter dan sebagainya. Semua potensi tersebut membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni sehingga mereka dapat lebih mengembangkan diri.

            Bahasa Inggris adalah bisnis yang besar Kemampuan berbahasa Inggris hu penting bagi diva samg seorang Dengan kemampuan beibabaa inggris yang baik daya saing baik yang berguna bagi negara kita juga. Namun bukan berarti kita harus melupakan bahasa Indonesia yang memang sudah menjadi bahasa kebangsaan kia Dalam artikel ini penulis bermaksud mengajak semua untuk berpikir pada konteks yang luas yaitu konteks pendidikan di indonesia, bukan terbatas pada negara Republik Indonesia. Pendidikan bahasa merupakan salah satu unsur pendidikan sebagai materi pembelajaran baik dalam suatu lembaga pendidikan formal maupun non formal, tentang paturi pendidikan bahasa inggris di Indonesia kita tidak hanya berpikir pada sekolah sekolah yang ada di perkotaan saja Yang menjadi locus tentang potret bahasa Inggris masa kini yang dilihat dalam konteks pendidikan bahasa inggris a Indonesia Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga nendidikan dunia IT Enolith is merigumumkan laporan komprehensif pertama tentang Indeks kemampuan berbahasa inggris atau EF English hohciency Index EP 01 44 negara. Kemampuan bahasa Inggris di Indonesia berada sangat rendah diurutan ke 14 sedangkan Malaysia tembus diututan ke 9. EF EPI merupakan Indek pertama yang membandingkan kemampuan berbahasa inggris orang dewasa diberbagai negara. Indeks ini menggunakan data u unik (metodologi khusus) pada lebih dari dua juta brang di 44 negara yang menggunakan tes gratis secara online salama kurun waktu tiga tahun 2007-2009) FIsher, 2011


            Sebagai langkah awal tentang poret pendidikan bahaa inggris di Indonesia saat ini. Jika dilihat dari sudut pemerataan pendidikan tidak bisa diabalkansekolah sekolah yang terletak di ata-kota besar atau sekolah yang memiliki banyak fasilitas mewah penunjang belajar atau sekolah yang didesign secara khusi seperti RSBI Secara umum, seakan ada garis pemisah tentang De taan pendidikan bahasa Inggris antara siswa di hora dengan siswa pinggiran misalnya sekolah di kota dengan mudah dapat mengikuti kursus bahasa Inggris bila dengan guru lokal atau penutur asli (native speaker, akses materi belajar yang mudah, pinggiran sering belajar serba teratas Berdasarkan uraian diatas, pemarataan baik sararna maupun prasarana yang berfungsi sebagai pendukung dalam proses pembelajaran juga memiliki dampak yang berbeda, 3 2 siswa atau pelajar yang mempelajari bahasa inggris di daerah perkotaan memiliki kemampuan bahasa inggris lebih baik dari siswa pinggiran Salah satu jawabannya adalah adanya akses untuk terlibat aktif dalam berbahasa Inggris. Jadi bisa dikumpulkan jika salah su kunci untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik adalah dengan aktif terus memakai bahasa Inggris atau terlibat aktif dalam penggunaan bahasa inggris (target language) 

                Penulis mengajak mereka yang kurang beruntung dalam belajar bahasa Inggris, yaitu siswa yang sepenuhnya mengandalkan pelajaran bahac Inggris murni dari sekolah dan kurikulum . Dari sinilah kita akan mengetahui gambaran tentang pendidikan bahasa inggris di Indonesia saat Ini. Perhatian pertama tertuju pada kurikulum yang telah ditetapkan di sekolah apakah sudah mampu berkontribusi dalam peningkatan pendidikan bahasa inggris atau tidak. 

            Secara umum kurikulum yang dibuat sekolah belum mampu membuat ahwa sekolah mampu berbahasa inggris. Selanjutnya bila dilihat dari intensitas pembelajaran bahasa inggris di Indonesia, saat ini anak anak sulfah banyak memiliki waktu untuk belajar bahasa Inggris (dari TK sama dengan PT ). Secara logika dan teori dengan mudah dipahami implikasinya, ka anak anak memiliki banyak waktu belajar maka dengan ce akan bisa berbahasa Inggris, apalagi mereka belajar bahasa inggu dini. Apakah tar ini bisa aplikasikan di Indonesia Lepus dari kurikulum sekolah dan metode untuk mendongkrak kemampuan bahasa inggris


            Mencermati posisi bahasa inggris sebagai bahasa asing (English as a foreign language ) adalah penyebab utama mengapa kemampuan anak anak kita rendah Secara teori bisa kita paham jka cara pandang terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa asing tentu akan berbeda Jika dilihat bahasa Inggris sebagai bahasa india Galar komunikasi kedua seperti di Malavida dan Singapura di mana bahasa loggris dipergunakan dalam kehiesia biahidupan masyarakat diamping bahasa uama atau (official language)  Di Indonesia bahasa Inggris hanya dipelajar di sekolah amun tidak dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

            Karena itulah bahasa inggris din secara umum diajarkan sebagai bahasa asing istilah bahasa asing dalam bidang pengajaran bahasa berbeda dengan bahasa kedua Bahasa asing adalah bahasa yang tidak digunakan setsagal alat komunikasi di negara tencent dimana bahasa ini diajarkan Sememtara bahasa kea melainkan menjadi salah satu bahasa yang gua secara umum di suatu nwgara Hal in jika kita maka lagi berdasarkan pengertian bahasa inggris sebagai system of comunication in speech and writing used by people of particular country 

Maka status bahasa baik sebagai bahasa ibu, bahasa kedua, maupun bahasa asing juga akan berdampak pada tujuan akan suatu bahasa itu untuk dipelajari.


2) bahasa inggris Sebagai Bahasa Asing 

            Bahasa Inggris sebagai bahasa asing memiliki makna bahwa bahasa Inggris hanya dipakal dan berkedudukan sebagai suatu pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan formal atau non formal dan tidak dijadikan sebagai bahasa dalam kehidupan sosial dan sehari-hari juga tidak sebagai bahasa dasar suatu negara (Tomlison 2005).

            Hal ini menunjukan bahwa bahasa Inggris hanya dipelajari sebatas teori dan ilmu saja. Hal ini tentu berlawanan dengan konsep belajar suatu bahasa dimana belajar suatu bahasa itu mempelajari 4 keahlian berbahasa (language skills) listening (mendengarkan). speaking (berbicara) reading (membaca) dan writing (menulis)


            Dalam proses pembelajaran yang berkedudukan sebagal suatu bahasa asing setiap siswa harus memperoleh tuntungan menekankan pembiasaan dan kemampuan (speaking, reading, writing dan listening) untuk untuk menggunakan bahasa yang telah mereka pelajari Beberapa ciri atau karakteristik pembelajaran hahasa asing yang dilakukan di sekolah adalah


  1. Tujuan dari suatu metode pembelajaran asing adalah mempraktekan mendidik dan berbudaya Dalam suatu pembelajaran bahasa asing pemraktekan dari bahasa yang dipelajari adalah yang terpenting yang harus dilakukan oleh peserta didik. Artinya guru bukan hanya memberikan pengetahuan tentang pengucapan, Susunan atau tatanan kalimat. tetapi juga menciptakan suatu interaksi berbahasa terutama dari bahasa asing yang telah didapatkan oleh mind, hal ini bertujuan untuk memperoleh dorongan mental juga mempertajam pengembangan pengetahuan 
  2. Metode yang dinakai menggunakan beberapa prinsip 

  • Bahasa lisan adalah prinsip dasar yang digunakan guru dalam pembelajaran.
  • Peserta didik diberikan pemahaman tentang mater yang akan diajarkan secara lan oral sebelum membara atau dituliskan
  •  Mengutamakan pembelajaran aktif 
  • Menekan mempraktekan yang dilakukan oleh murid


        Dalam berkomunikat pengetahuan tentang linguistic memang sangat dibutuhkan, tatanan linguistic, meminta untuk memilih bentuk tuturan dalam m as makna dan fungsi tuturan Ku sendiri Anima komunikasi yang dilakukan pendidik adalah promes dan tatanan lingustie saja tidak cukup (Toimitin 2005).

            Prinsip dasar dijadikan khayal prinsip dari pertelajalan bahasa Inggris yang berkedutan sebelah bahasa asing adalah perietapan dari bahasa inagre u ndi vang digunakan dalam konteks sosial  artinya bahasa digunakan dalam berinteraksi yang dilakukan dalam kehidupan sosial (Tomlison. 2005)

            Jadi keahlian yang harus digunakan bahasa Inggis dalam kehidupan nyata menjadi kunci sukses untuk menguasai bahasa tersebut

            Sebagai contoh seorang siswa yang memiliki kosa kata banyak belum tentu bisa berbicara atau paham bahasa Inggris dengan baik. Seorang siswa yang hafal semua jenis tata bahasa belum tentu bisa menulis bahasa Inggris dengan baik dan seorang anak yang tahu banyak ekspresi bahasa Inggris belum tentu bisa menggunakan dengan tepat.


C. PEMBAHASAN

            Suatu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris bahasa asing sangat erat hubungannya dengan pengetahuan tentang pedagogis, psikology and linguistic Dalam pengetahuan pedagogic menekankan pembentukan dan pengembangan akan Kebiasaan dan kemampuan peserta didik.

            Sedangkan jika dilihat dari tataran psikologi. rasa ketertarikan untuk mempelajari bahasa asing sangatlah dibutuhkan guru harus mengetahui Jika anak anak tidak berbahasa Inggris di lingkungan mereka dan mereka belajar bahasa Inggris bukan hanya sebagai mata pelajaran wajib melainkan suatu kebutuhan untuk dipergunakan di masyarakat dan kehidupan sehat sehari hari Intinya penciptaan kesadaran dalam diri siswa untuk mencintai bahasa Inggris sehingga masalah yang sangat sering dijumpai adalah perasaan gelisah, gugup, dan rasa takut salah.


            Pembelajaran bahasa asing bukan hanya dengan pengembangan teory melainkan juga adanya penerapan dari teori yang telah didapatkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa (Rogova, 1975) Sebagal seorang pendidik, mengetahui tujuan dari pembelajaran bahasa sangatlah ditekankan.


            Seperti yang kita ketahui bersama, tujuan utama dari sebuah pembelajaran bahasa adalah untuk menyiapkan peserta didik mencapai komunikasi serta penggunaan suatu bahasa yang telah dipelajari. Setia pertemuan yang akan dilakukan dengan proses pembelajaran merupakan pemerolehan kalimat, yang tlah dilakukan oleh siswa bahasa yang telah mereka peroleh terkadang hanya Namun, pemrakten sebatas perolehan dalam bentuk linguistik tam adanya praktik berkomunikasi itu sendiri setelah keluar dari ruang kelas (Widdowson, 2000) 

            Selama bahasa inggris itu berada pada posisi sebagai bahasa asing (foreign language), maka kemampuan anak anak kita tidak akan mengalami banyak perubahan sehingga perlu wacana untuk merubah kedudukan bahasa Inggris di Indonesia. Guru menggunakan teknik mengajar Inggris yang sesuai dengan posisi atau kedudukan bahasa Inggris di Indonesia.

            Dari beberapa uraian di ata Ada tiga poin yang perlu diperhatikan sebagai langkah awal dalam membangkitkan pendidikan bahasa Inggris itu sendii :


  1. Sehebat apapun setruah metode tetapi jika tidak cocok dengan keadaan lingkungan konteka) maka tidak akan banyak memberikan hasil
  2. Selama masalah belajar yang menitera siwa tidak terpecahkan maka harapan mtuk mencapal banil belajar yang bermutu sexual dengan yang tertuang atau diharapkan dalam kurikulum akan sulit terealisasi
  3. Perlu untuk diterapkan penggunaan bahasa Inggris dalam konteks nyata di masyarakat Indonesia sehingga bahasa Inggris bukan lagi sekedar sebuah bahasa asing yang dipelajari secara teori tetapi menjadi bagian alat komunikasi sehari-hari.


            Salah satu pembelajaran bahasa inggris yang sering digunakan adalah Cemtimicutio Languaue Teaching (CLT) karena metode ini paling efektif dalam pembelajaran bahasa asing Tujuan utama CLT adalah menerapkan perspektif teori yang telah didapatkan oleh peserta didik dengan menekankan kemampuan berkomunikasi sebagai tujuan utama dan pembelajaran tsubasa yano dilakuluan.


            Kemampuan berkomunikasi yang dimaksudican adalah kapan, dimana, bagaimana dan dengan siapa komunikasi ita dilakukan (Hymes. 2000) CLT adalah suatu metode yang paling effective dalam pembelajaran bahasa asing, dalam hal ini bahasa yang dimaksudkan adalah bahasa Inggris Sesuai dengan tujuan dari metode ini adalah agat peserta didik memperoleh kemampuan berkomunikasi


            Komunikasi yang dilakukan adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh peserta didik dalam berinteraksi Mempersiapkan peserta didik untuk melakukan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah adalah tujuan utama dari pembelajaran bahasa ukandarwasstt. 20081


D. PENUTUP


            Berdasarkan uraian di atas, CLT sangatlah elektit bila dipakai sebagai metode dalam proses belajar mengajar bahasa asing hal ini didasarkan dengan kemampuan berkomunikasi yang didapatkan oleh a bukan hanya sebatas pengetahuan belaka, sia alam bermotivasi dan merasa bahwa sesuatu yang Telah mereka pelajari dapat berguna dan di dalam berbahasa.


DAFTAR PUSTAKA


Brian Tomlinson. 2005. English as a Foreign language in Eli Hinnkelr" Handbook of Resarch in second Language Teaching and Learning". London: Lawrenc Elrbaum Associate Publisher

Diane larsen. Freeman, 2000. Tehniques and Principle in language Teaching Oxford Oxford University Press,

Rogova, G>P. 1975. "Method of teaching English

Widdowson. H.G. 2000. Teaching language as Communication in Diane Larsen. Freeman "Tehniques and Principle in Language Teaching

Oxford Oxford Universty Press. Hymes, Dell. 2000. Competence and Linguistic Theory"in

Diane larsen. Freeman Tehniques and Principle in language Teaching". Oxford: Oxford Zuniversity Press.

Iskandarwassit. 2008. Strategi Pembelajaran bahasa". Bandung: Rosda Karya






Penulis : Nur Gianto, S.Pd.







That's the article PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH

That's it for the article PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH this time, hopefully can be useful for all of you. okay, see you in another article post.

You are now reading the article PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH with link address https://ilmuguruonline.blogspot.com/2021/02/pentingnya-pembelajaran-bahasa-inggris.html
Comment Policy: Please write your comments that match the topic of this page post. Comments containing links will not be displayed until they are approved.
Open Comments
Close Comment